Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Foto Hitam Putih Menjadi Berwarna di PicsArt

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengubah Foto Hitam Putih Menjadi Berwarna di PicsArt

 PicsArt merupakan aplikasi Smartphone yang dipakai untuk mengedit foto dan video yang cukup populer di kalangan konten kreator, aplikasi ini bisa digunakan pada perangkat Android dan iOS. Pada aplikasi PicsArt tersedia beragam tools yang bisa kita gunakan untuk mengedit foto misalnya mengubah foto yang sebelumnya hitam putih menjadi berwarna.


Mengubah foto hitam putih menjadi berwarna bukan hanya soal estetika, tetapi juga tentang memberikan konteks dan makna baru pada gambar tersebut. Warna pada foto dapat menghidupkan kembali foto-foto lama, membuatnya tampak lebih segar dan relevan dengan zaman sekarang.


Maka tidak heran jika banyak dari kita yang tertarik mengubah kembali warna foto yang sebelumnya hitam putih menjadi full warna. Apalagi jika foto tersebut tersimpan banyak kenangan indah. Nah, pada artikel ini situs zonausaha.com akan memberikan tutorialnya. Jika tertarik mempelajarinya maka simak baik-baik penjelasan yang diberikan.

Mengubah Foto Hitam Putih Menjadi Berwarna di PicsArt


  • Silahkan Buka Aplikasi PicsArt di ponsel Anda. Jika belum menginstalnya maka unduh aplikasi melalui Google Play Store atau App Store.
  • Pada tampilan Awal aplikasi, klik ikon "+" di bagian bawah layar.
  • Kemudin Pilih menu "Foto" dan kemudian klik foto hitam putih yang mau diubah menjadi berwarna.
  • Setelah foto terbuka, ketuk sub menu "Effects" (biasanya tampil dalam bentuk ikon tongkat ajaib) di bagian bawah layar.
  • Geser ke kanan dan pilih kategori "Colors". Cari dan pilih efek "Colorize". Nanti PicsArt otomatis mengubah foto hitam putih menjadi berwarna.
  • Jika hasilnya dirasa kurang rapi, maka Anda bisa melakukan penyesuaian manual.
  • Gunakan tools "Brush" atau "Draw" di menu utama untuk mewarnai bagian-bagian tertentu dari foto atau gambar.
  • Pilih warna yang diinginkan dan atur ukuran kuas serta opacity sesuai kebutuhan.
  • Setelah selesai mengubah warna foto jadi hitam putih, maka tahap berikutnya ada menyimpan hasilnya dengan mengketuk ikon centang atau "Apply" di pojok kanan atas.
  • Ketuk ikon panah di sudut kanan atas layar untuk memulai menyimpan hasil editan tadi.
  • Selesai.

Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah mengubah foto hitam putih menjadi berwarna menggunakan PicsArt.

Baca juga:

Alasan Mengapa Kita Harus Mengubah Foto Hitam Putih Menjadi Berwarna

Dengan mengubah foto hitam putih menjadi berwarna bisa memiliki manfaat misalnya dari sisi estetika, emosional, maupun praktis. Berikut beberapa alasan mengapa kita mungkin melakukan ini:

  1. Memberikan warna pada foto dapat menghidupkan kembali foto-foto yang sudah lama, membuatnya tampak lebih segar dan relevan dengan zaman sekarang.
  2. Dalam bidang pendidikan maupun penelitian. Adanya foto berwarna bisa memberikan informasi tambahan yang mungkin tidak terlihat dalam foto hitam putih, seperti detail pakaian dan latar pengambilan foto.
  3. Adanya Warna bisa menambahkan dimensi baru dan membuat foto lebih menarik secara visual.
  4. Menambahkan warna pada foto hitam putih bisa membangkitkan kenangan kembali yang sudah lama.
  5. Foto berwarna lebih cocok digunakan dalam berbagai media modern, seperti majalah, situs website dan media sosial yang di mana foto berwarna cenderung disukai.
  6. Foto berwarna dapat membantu generasi muda merasa lebih terhubung dengan masa lalu keluarga mereka, karena foto yang berwarna lebih mudah dipahami dan diidentifikasi.

Akhir Kata

Itulah tutorial dalam mengubah foto yang sebelumnya hitam putih menjadi berwarna. Semoga dengan adanya tutorial ini bisa menambah pengetahuan Anda dalam mengedit foto. Jika ada teman-teman Anda yang belum mengetahui cara ini maka ada baiknya jika membagikan artikel ini agar mereka juga bisa mempelajarinya. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah Foto Hitam Putih Menjadi Berwarna di PicsArt"

close
.